Mengenal Lebih Dekat Pemalang...

Jumat, 13 Maret 2009 |


Sekilas Kota Pemalang...

Kab. Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Prov. Jawa Tengah yang terletak di Pantai Utara Pulau Jawa. Secara astronomis Kab. Pemalang terletak antara 109 derajat 17' 30" - 109 derajat 40' 30" BT dan 8 derajat 52' 30" - 7 derajat 20' 11" LS. Kab. Pemalang memiliki luas wilayah sebesar 111.530 km2. Wilayah ini disebelah utara berbatasan dengan laut Jawa, disebelah selatan berbatasan Kab. Purbalingga, disebelah timur berbatasan dengan Kab. Pekalongan dan di sebelah barat berbatasan dengan Kab.Tegal. Dengan demikian Kab.Pemalang memiliki posisi strategis, baik dari sisi perdagangan maupun pemerintahan. Kab.Pemalang memiliki topografi bervariasi. Bagian utara Pemalang merupakan daerah pantai dengan ketinggian berkisar antara 1-5 m dpl. Bagian tengah merupakan dataran rendah yang subur dengan ketinggian 6-15 m dpl dan bagian selatan merupakan dataran tinggi dan pegunungan yang subur serta berhawa sejuk ( 16-925 m dpl).Kab. Pemalang ini dilintasi dua buah sungai besar yaitu sungai Waluh dan sungai Comal yang menjadikan sebagian wilayahnya merupakan daerah aliran sungai yang subur.Seni BudayaSeni tradisional yang hampir punah di Kota ini adalah Sintren, Kuntulan dsb. Daerah wisatanya antara lain Pantai Widuri, Pemandian Moga (kayaknya perlu di gali lagi).Wisata kuliner di kota ini sangat banyak dan bervariasi ada Nasi Grombyang, Sate Loso, Taoto, Sego megono, nasi dekem, tahu campur dsb. Pokoknya urusan kuliner Pemalang adalah gudangnya.Ayo siapa lagi yang mau menambahi perbendaharaan kuliner di Pemalang.

Kabupaten Pemalang terdiri atas 14 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dankelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Pemalang.

Di samping Pemalang, kota-kota kecamatan lainnya yang cukup signifikan adalah Comal, Petarukan, Ulujami, Randudongkal dan Moga.

Kabupaten Pemalang kebanyakan merupakan suku Jawa. Di bagian barat dan selatan, penduduknya bertutur dalam bahasa Jawa dialek Tegal, sedangkan di bagian timur seperti di Petarukan, Comal, Ulujami, Ampelgading dan Bodeh bertutur dalam bahasa Jawa dialek Pekalongan.

Industri Rumah Tangga

Rupa-rupa:
Referensi:
Situs web resmi: http://www.pemalangkab.go.id
Wikipedia - Ensiklopedia Bebas

0 komentar:

Posting Komentar