Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula Pemilu 2009

Sabtu, 14 Maret 2009 |

Guna memberikan pemahaman dan bimbingan kepada para pemilih pemula akan arti pentingnya Pemilihan Umum 2009 dalam kelangsungan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat serta dalam rangka mensosialisasikan Sistem Pemilihan Umum 2009 kepada masyarakat Jawa Tengah khususnya pemilih pemula di Kabupaten Pemalang agar pelaksanaan Pemilu 2009 berjalan dengan tertib, lancar, aman dan sukses, baru-baru ini Pemkab Pemalang bekerjasama dengan Badan Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pendidikan Politik Bagi Elemen Masyarakat Kabupaten Pemalang yang bertempat di Gedung Sasana Bhakti Praja komplek Setda Kabupaten Pemalang.
Kegiatan penyelenggaraan pendidikan politik bagi elemen masyarakat ini diikuti oleh 150 siswa beserta guru pendamping dari SMA/SMK Negeri/Swasta se-Kecamatan Pemalang. Dengan para penyaji materi dan ceramah Slamet Sudjono, SH.MH dan Drs. Joko Prihatmoko,M.Si (Keduanya dari Badan Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jawa Tengah,red) serta perwakilan dari Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Pemalang.

Dalam isi laporannya ketua penyelenggara kegiatan Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jawa Tengah D. Charles. DP, SH, CN, MT menyampaikan, penyelenggaraan kegiatan pendidikan politik bagi elemen masyarakat ini dibiayai dari APBD Provinsi Jawa Tengah dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran Belanja Badan Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2009.

Ditambahkan pula bahwa kegiatan ini telah terselenggara di 25 Kabupaten/Kota dari rencana 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dengan peserta sebanyak 3.750 siswa dari target 5.250 siswa diseluruh Jawa Tengah.
Sementara itu dalam sambutannya Bupati Pemalang H.M. Machroes,S.H yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Pemalang Drs. Suherly WR. MPD antara lain mengatakan, tanggung jawab dalam proses keberhasilan dan sukses pemilu diukur dengan adanya tindakan yang profesional, proporsional dan terkoordinasi sebagai suatu sistem dengan dilandasi oleh semangat kebangsaan yang tinggi karena Pemilu merupakan kepentingan negara dan untuk mendapatkan wakil rakyat dan pemimpin negara yang amanah. Untuk itu penyelenggaraan kegiatan pendidikan politik ini diharapkan sebagai upaya untuk membangun kesadaran, kecerdasan dan tanggung jawab masyarakat untuk mewujudkan Pemilu yang berkualitas. Usai membacakan sambutan Bupati, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Pemalang Drs. Suherly WR. MPD berkenan pula membuka sekaligus Penyelenggaraan Pendidikan Politik tersebut. ***

Sumber:http://www.pemalangkab.go.id


 

1 komentar:

Dyah mengatakan...

Mudah-mudahan pintu demokrasi yang telah dibuka lebar ini, jangan sampai dinodai dengan tindakan anarkis dari orang yang tidak ingin negara ini maju, alhamdulilah Kab Pemalang sudah sosialisasi mudah-mudahan sampai akar rumput he ... he .. Ayo kita sukseskan Pemilu.

Posting Komentar