Percepatan Gerak Demi Kemajuan Pemalang

Selasa, 17 Maret 2009 |

Oleh : JOKO PRIYANTO

Diawali dari keprihatian dengan semakin terpuruknya bangsa Indonesia di bidang Ekonomi, Politik, Sosial dan budaya yang berdampak luas kepada melemahnya daya saing bangsa kita terhadap negara lain.
Saat ini apapun barang yang kita beli elektronik, otomotif kebanyakan adalah barang merk dari negara luar. Toko-toko besar, super mall juga sudah menjadi milik asing. Sedihnya lagi BUMN kita sudah beberapa yang dijual dengan modal ataupun sahamnya telah dimiliki asing.
Kita sekarang hanya terus jadi penonton dan terus membeli produk-produk luar tersebut, tanpa bisa memproduksi barang-barang merk sendiri. Akhirnya yang mendapatkan keuntungan adalah Negara luar. Jika kondisi seperti itu dibiarkan terus menerus dan kita tidak segera punya inisiatif untuk merubah cara berfikir dan bertindak, maka dalam beberapa tahun kedepan dipastikan akan terjadi lagi Krisis Moneter ( KRISMON ) karena terjadi Capital Flight (larinya uang ke negara luar) terus menerus akibat transaksi perdagangan masyararat dalam membeli produk luar, kas Negara kita akhirnya kosong, akhirnya dalam kasus tersebut negara Indonesia mengatasinya dengan hutang kepada Negara luar. Makin hari makin besar dan numpuk deh hutang negara kita, yang kasihan adalah anak dan cucu kita, wong dapet warisan kok warisan hutang ?

Maksud dan Tujuan

Kabupaten Pemalang adalah tempat kita dan keluarga kita berasal, dimanapun kita berada pasti akan mengingatnya, bahkan kalo perlu dengan segala upaya akan berusaha untuk mudik bersama-sama berdesak-desakkan saat lebaran, apapun yang terjadi saking kangennya dengan pemalang..
Marilah kita tatap pemalang kabupaten kita tercinta dengan obyektif. Saat ini sungguh tertinggal jauh dengan kabupaten2 tetangga kita, Tegal maupun Pekalongan. Pemalang tidak punya sumber kekayaan alam mineral seperti emas, minyak bumi, gas, batubara dll sehingga sumber pendapatan daerah pemalang sangatlah kecil. Yang baik pemalang adalah meningkatkan keahlian dan kepandaian Sumber Daya Manusia ( SDM ) hingga dapat bersaing dalam mengusai Iptek ( Ilmu pengetahuan dan Teknologi ) seperti halnya negeri Jepang yang tidak memiliki sumber daya alam tetapi karena sumber daya manusianya handal jepang menjadi Negara dengan ekonomi paling kuat di dunia. Tegal pun maju karena memiliki sentra-sentra industri dengan skala nasional seperti Teh botol Sosro, industri Shutlle Cock dan banyak lagi, sementara Pekalongan dengan Industri Batiknya
Kita tidak usah berdebat dan buang waktu untuk mencari-cari sebab kenapa kita tertinggal, yang baik dan mulai kita lakukan sekarang adalah dengan menumbuhkan sikap Kebersamaan, Guyub, gotong royong dengan persatuan dan saling membina dengan tulus kepada sesama pemuda pemalang untuk meningkatkan diri kita semua supaya kita menjadi lebih cerdas dan pintar hingga kita mampu secara bersama-sama dan bersatu untuk bersaing dengan bangsa manapun.
Untuk itu mari kita lakukan hal yang terbaik yang mampu kita lakukan untuk Pemalang dan Indonesia mulai sekarang.

PR awal adalah :

1.ciptakan Kekompakan ( Kebersamaan/guyub ) antar sesama pemalang harus dibina dengan baik. ( mudah2an embrionya bisa kita bentuk dari group ini).

2. membuang jauh anasir-anasir negatif dari kab pemalang ( di pemda maupun di masyarakat ).

3. Adanya komunikasi yang baik antar warga pemalang baik yang berada di luar maupun dalam pemalang.

4. awali dari diri kita sendiri masing2 dengan berbuat benar2 IKHLAS ( tidak hanya slogan) untuk membuat perubahan yang baik dengan berbuat yang benar dan bermanfaat ( dengan urutan sbb : berbuat baik untuk sendiri, keluarga, kabupaten, negara dan seterusnya )

Komentar:

1. CAMBARI ALCLAREANO (Universitas Indonesia)

Bangsa Pemalang menurut saya adalah bangsa yang egaliter tinggi.
umumnya low profile sehingga sulit memunculkan trigger yg vokal utk mendobrak budaya alamiah bangsa jawa sejak lama: feodal.
kita lihat pemimpin simbolik di kabupaten ini, itu lagi itu lagi.
padahal, kemampuan SDM pemalang sangat tinggi potensinya utk menciptakan perubahan (revolusi) di masyarakat. tentu menuju kemajuan besar: madani.
bagi saya pribadi, kemajuan di masyarakat harus itikad orang banyak (masy.pemalang menyeluruh). bukan itikad sedikit manusia. dengan demikian, yg perlu dikembangkan juga bagaimana kita bisa terus berbagi pengalaman dan menyumbangkan pemikiran yg baik di masyarakat.
masyarakat jangan sampai menjadi narapidana keyakinan (prisoners of belief/ Matthew McKay dan Patrick Fanning 1991). dimana mereka dengan kondisi faktualnya, memposisikan diri sebagai yg tertindas, terlemah, selalu dibohongi dan tidak punya potensi utk berubah ke arah kemajuan.

2. YUDHA RIZKIE

Sebenere g masalah ama SDM pemalang...aku yakin berkualitas kok...
Buktine banyak orang pemalang yang berhasil di tempat lain...
Sebenere masalahnya menurut saya ada di pemerintahan Pemalang sendiri sangat sedikit kepedulian mereka terhadap orang lain yang ada di tempat lain...
Coba kalo pemerintah sedikit memfasilitasi paling gak jemput bola...Pasti Pemalang maju pa lagi ditunjang dengan lokasinya yang strategis...
terus yang berikutnya memang di Pemalang harus diakui tidak ada Industri besar yang menyerap banyak lapangn kerja kita tertinggal dengan daerah sekitar namun sebenere bisa diatasi dengan memperbanyak UKM atau mengembangkan usaha ekonomi kreatif..dari situ bisa dipacu pertumbuhan ekonomi...
terus Wisata juga perlu dikembangkan...Banyak tempat wisata di Pemalang yang belum dikembangkan..
jadi yang terpenting harus ada terobosan dari Pemerintah...
Tapi terus terang saya kurang yakin dengan yang sekarang masih berpaham lama soale semoga 2 tahun lagi terjadi perubahan karena ya udah g mungkin nyalon lagi juga kan???udah 2 periode sih...
Sori kalo tulisan ini ada pihak2 yang kurang berkenan...Tapi memang gitu yang saya lihat di Tempat kelahiranku tercinta.

3. PENDY PENDALUNGAN

Assalamualaikum....
nyuwun ijin nderek diskusi.
menurut saya pemalang ga kurang SDm nya.
bener juga kata mas joko selaku pendiri group ini.banyak lokasi pariwisata di pemalang yang berpotensi. sebagai misal : pantai widuri kebanggan kota pemalang, pantai "nyamplung sari" terletak di tepi utara kecamatan petarukan yang belum terealisasikan dan terkelola dengan baik. untuk saat ini saja pengelolahan "pantai Nyamplung sari" masih ditangani oleh penduduk sekitar pantai tersebut (setau saya, soalnya hampir tiap pulang kampung maen kesana dan karcis nya ala kadarnya). ketiga wisata pantai blendung. Dulu sewaktu saya masih sekolah, sering setiap kali pulang sekolah maen dulu ke sana walopun jauh (secara SMK sapra iser) tapi dengan alasan pemandangan nya bagus sama panorama pantainya yg indah jarak jauh pun ga terasa, tapi terakhir saya kesana (tahun kemaren)semuanya berubah total, dolo disana ada rumah2 tempat berteduh sudah tidak ada, bahkan pantainya gersang padahal dolo banyak pepohonan dan tempat duduk di tepi pantai itu, sempet tanya warga yang kebetulan lagi nanam bunga melati katanya sudah ga diurus kaya dolo.
Semoga pemda bisa merealisasikan wisata pantai di kota pemalang tercinta.

4. SETYADI JATI RAHARJO

Memang menyedihkan melihat pantai di Pemalang, tapi disisi lain itu menjadi hal luar biasa, karena pantai pemalang ternyata mempunyai laut dalam, sehingga memang sudah ada wacana untuk memindahkan pelabuhan lain kepemalang dikarenakan pelabuhan lain sudah mengalami pendangkalan pantai, mudah2an strategi kelautan dan industri berjalan seimbang dan beriringan, karena kita sudah diberi kelebihan pantai untuk mendukung prasarana tsb.

5. URIP SR

Semua urun rembugnya bagus-bagus dan kritis.
Tapi untuk mengurai akar permasalahan yang terjadi di Pemalang adalah melalui polling/jajak pendapat. Dari hasil polling itu nantinya ketahuan disektor mana yang perlu ditangani, apakah semua lini mengalami penurunan, apakah krisis kepemimpinan dsb. Bikin polling sebar lewat sekolah, umum, pegawai. Dari tiga strata itu nantinya mewakili mayoritas penduduk Pemalang.
Benang merah dari hasil polling bisa dijadikan masukan untuk para wakil rakyat agar menekan pihak eksekutif untuk segera membenahi kekurangannya.
Tentu hasil polling itu kita suguhkan dalam bentuk proposal.
Melalui teman2 di komunitas ini juga bisa, Mas Joko Priyanto sang kreator tar yang menindak lanjuti teman2 semua.
Demi kemajuan Kota tercinta P-E-M-A-L-A-N-G

Catatan Admin:
Topik Diskusi ini berjudul "Percepatan Gerak"
diunduh dari Pemalang Komunitas Facebook Group
Atas ijin sang kreator (Joko Priyanto).

Foto: Heri Susyanto
http://thesimpleplanet.com/

2 komentar:

conik mengatakan...

y nie q alhmdlh msk jd tenaga penyuluh lapangan dr depperindag pmlang..dah smestr 4..spt tgs pnyulh laen,. q dtuntuh bs mmajukn daerah msing"..
yg jd prtnyaan..pdhl SDA pml tu kaya bgt,.SDM jg sbnre g klh..trus ad ap t ko krg brsinar dr daerah kn/krinya..yg q rsa sie mang bnr,. cmpur tgn pmerintah dlm majuin UKM" yg dah ad..pmrntah hrsnya dukung utk usaha majuin daerah pemalang..baek dr sektor prtanian, perindstian, pkonya semua dah...mhon dukungnnya y..

Peri mengatakan...

Assalamualaikum....
Nuwun Sewu ...
Monggo sareng2 ngibadah ... Mboten usah nggolek
Maju tapi melenceng saking ajaranipun agomo ...
Nek mirsani geografis Indonesia (Pemalang) kulo Yakin nek Tiyang Kab. Pemalang / Indonesia sami guyub rame-rame Ningkataken HaKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) di dukung kalih Presiden / Gubernur / Bupati + Aparat Negoro niki mboten Srakah Rakyatipun saged Sami Mrentel Makmur ...
Matur Nuwun ...
Wassalamu'allaikum ...

Posting Komentar